Sepuluh.Dua

Sepuluh.Dua
Bersama Kita Bisa

Rabu, 01 November 2023

RESENSI BUKU FILOSOFI TERAS

 

RESENSI BUKU PENGEMBANGAN DIRI

 Identitas Buku

Judul                          : Filosofi Teras

Pengarang                  : Henry Manampiring

Penerbit                     : Buku Kompas

Tahun terbit               : 2018

Tebal halaman           : 298 halaman

Harga buku                : Rp 98.000 

1.     Isi Buku

Henry Manampiring menemukan sebuah filosofi untuk mengatasi masalah depresi nya yaitu filosofi stoisisme atau stoa yang berusia lebih dari 2000 tahun yang relevan dengan kehidupan zaman milenial dan gen z merupakan filosofi yang dipakai zaman yunani Romawi kuno untuk mengatasi jalan hidup. Seringkali nasihat yang didapatkan penulis adalah “jangan berpikiran negatif melulu dong”.

Ilmu psikologi justru menemukan adanya potensi masalah dengan ajaran berpikir positif, positive thinking “menipu” pikiran kita beranggapan seolah olah kita sudah mencapai apa yang kita inginkan. Stoisisme bukan agama kepercayaan melainkan sebuah cara untuk menjalani hidup, untuk mengatasi hidup dengan emosi negatif yang terkendali. 

Kelebihan

Buku ini membuat pembaca mengetahui cara / strategi untuk mengatasasi stress dan kekhawatiran yang diakibatkan oleh pikiran negatif atau positif yang berlebihan dengan menerapkan filosofi stoisisme, buku ini juga membuat pembaca memiliki sebuah mental atau pemikiran yang lebih tangguh

Kekurangan

Buku ini banyak memuat istilah istilah filosofi yang sulit untuk dipahami para pembaca milenial / gen z dan banyak pembahasan yang sulit untuk dimengerti serta tokoh-tokoh Yunani Romawi kuno yang sulit untuk disebutkan.

Kesimpulan

Filosofi teras atau filsafat stoisisme bertujuan untuk membantu membuat mental tangguh masa kini dengan mengendalikan emosi negatif, sebagai sebuah filsafat stoisisme dilengkapi dengan cara kita menjalani hidup.  Dengan mempelajari stoisisme seseorang dapat mempelajari bagaimana stress bisa dikendalikan dengan emosi negatif yang terkendali.

Resensi dibuat oleh Anargya

kelas X2

 

2

 


 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RESENSI BUKU KITAB ANTI PENUNDAAN

 RESENSI BUKU KITAB ANTI PENUNDAAN Identitas Buku Judul                          : Kitab Anti Penundaan (Taktik Mengatasi Kebiasaan Menunda ...