Sepuluh.Dua

Sepuluh.Dua
Bersama Kita Bisa

Selasa, 05 Desember 2023

RESENSI BUKU HIDUP TANPA OVERTHINKING

 

 


Identitas Buku

Judul                           :  Hidup Tanpa Overthinking

Pengarang                  :  Devanti Amara

Penerbit                     :   Caesar Media Pustaka

Tahun terbit               :  2021

Tebal halaman           :  178 halaman

Harga buku                :   Rp 55.000

 

Isi Buku

Melalui buku Hidup Tanpa Overthinking ini, penulis mengajak agar kita segera berhenti overthinking. Ya, mari kita stop overthinking dan mulai ciptakan bahagia kita sendiri. Karena sesungguhnya, kebahagiaan itu tak berada jauh dari diri kita. Bahagia itu ada di dalam kepala kita. “ Pikiran itu seperti api yang harus dinyalakan, ia bukan bejana yang menanti untuk diisi.” Tanpa sadar, kebanyakan dari kita lebih banyak berangan-angan daripada melakukan sesuatu untuk mewujudkan apa-apa yang ada di pikiran. Padahal, semakin banyak berangan-angan, pikiran akan semakin sesak dengan “sampah-sampah” yang kita buat sendiri. Bagaimana tidak menjadi harapan kosong, jika kita hanya sibuk berangan-angan tanpa melakukan usaha untuk mewujudkannya? Seperti itulah overthinking, melelahkan bukan?

Hampir setiap hari pasti selalu ada saja momen di mana otak kita berselancar tanpa tentu arah. Apa-apa dipikirin, alhasil kita jadi stres, minder, dan kehidupan jadi kalut karena kita jadi sibuk memikirkan dan mengkhawatirkan tentang hal-hal yang belum pasti terjadi. Akhirnya, kita tidak pernah melangkah karena diikuti oleh ketakutan-ketakutan dan keraguan-keraguan. Jika engkau beranggapan segala sesuatu harus dipikirkan dengan serius seperti situasi “hidup dan mati”, maka engkau akan berkali-kali mati. Begitulah kira-kira yang terjadi saat kita terlalu terbawa oleh kebiasaan overthinking. Berpikir berlebihan ini membuat kita mendapatkan masalah yang bahkan belum tentu benar-benar ada.

 

Kelebihan Buku

Buku ini dapat mendorong remaja atau orang untuk tidak overthinking berlebihan. Menggunakan bahasa yang sopan dan muda dimengerti. Memiliki pembatas yang bagus disetiap materi yang baru. Memberikan contoh yang bagus dan gampang untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, kalimat didalam nya bisa dijadikan motivasi untuk kita agar bisa menjadi manusia yang sehat tanpa overthinking.

 

Kekurangan Buku

Ada beberapa narasi yang terlalu panjang di bagian tertentu yang membuat pembaca kewalahan untuk memahaminya. Penulis tidak mencantumkan data diri yang lengkap. Ada beberapa bab yang memiliki topik / isi yang sama.

 

Dibuat oleh :  Aisyah Anandeya Syafira

Kelas            :  X.2

 

    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RESENSI BUKU KITAB ANTI PENUNDAAN

 RESENSI BUKU KITAB ANTI PENUNDAAN Identitas Buku Judul                          : Kitab Anti Penundaan (Taktik Mengatasi Kebiasaan Menunda ...